Jumat, 27 Mei 2016

Menikmati makanan khas Ternate : Sashimi Rasa Indonesia



Makan ikan mentah? Duh, mungkin bagi masyarakat di Indonesia harus tersebut merupakan sesuatu yang tidak biasa seperti di Jepang. Di Jepang, terdapat makanan yang bernama sashimi yaitu makanan laut yang disantap segar dalam keadaan mentah bersama penyedap lainnya. Kebayang gak sih gimana rasanya? Eitss jangan salah, ternyata Indonesia  pun memiliki makanan serupa yang terbuat dari daging ikan mentah juga. Penasaran apa makanannya? Yak, Gohu Ikan! Gohu Ikan merupakan makanan khas dari Ternate yang terbuat dari bahan dasar Ikan Tuna atau Cakalang mentah. Hal ini wajar-wajar saja lho di sana, mengingat posisi geografis Ternate yang berada lebih dekat ke Sulawesi Utara namun masih menjadi satu wilayah dengan Maluku Utara.

Gohu Ikan yang juga sering disebut sebagai Sashimi-nya Ternate ini cara masaknya ternyata mudah  lho. Cukup dengan memotong dadu ikan tuna dan cakalang, dicuci dan dilumuri garam lalu diberi perasan lemon. Setelah itu, campurkan daun kemangi ke dalam adonan tadi, diamkan selama beberapa saat. Sambil menunggu bumbu meresap, siapkan juga bawang merah yang sudah dipotong dan cabe rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya muncul, siramkan tumisan minyak ini ke dalam adonan ikan yang sudah didiamkan beberapa saat, kemudian Gohu Ikan pun siap untuk disantap! Membayangkannya saja sudah bikin perut berteriak.

Takut amis? Tenang saja, menurut juru masak yang sudah lihai memasak makanan ini, aroma amis akan hilang sendirinya ketika daging ikan diberi perasan lemon dan garam. Tidak hanya itu, Gohu Ikan ini juga menyehatkan karena tidak menggunakan bahan - bahan pengawet sama sekali. Harganya pun terjangkau dan rasanya luar biasa. Jadi semakin yakin untuk mencoba menyantap makan ini kan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

My Profile Banner

Waiting

Daisypath Happy Birthday tickers PitaPata Dog tickers Daisypath Christmas tickers